Konsep Dasar Multimedia

KONSEP DASAR MULTIMEDIA

 

Multimedia adalah adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan sebuah representasi sehingga dapat menghasilkan komunikasi interaktif sehingga dapat menyampaikan sebuah informasi.

Teks merupakan sesuatu yang mudah disimpan, mudah dimanipulasi serta membutuhkan ruang penyimpanan yang tidak terlalu besar. Teks terbagi menjadi 3 jenis, yaitu: 1. Plain text, 2. Rich Text Format (RTF) contohnya Bitmapped Fonts dan Outlines Fonts,  3.HyperText contohnya HTML dan XML.

Grafis berupa gambar, foto atau lukisan yang menggambarkan tentang sesuatu sehingga memiliki makna. Grafis dibedakan menjadi dua yaitu vector dan bitmap.

Vector dikenali sebagai structured grafis dan gambar disimpan pada algoritma sehingga yang tersimpan bukanlah gambar sesungguhnya tetapi rumus atau fungsi untuk menggambar gambar tersebut sehingga gambar walaupun diperbesar berapa kali gambar tersebut tidak akan pecah, karena gambar tersebut digambar dengan rumus yang telah disimpan dan skalanya secara otomatis akan menyesuaikan dengan ukuran canvas atau layar gambar tersebut. Beberapa format file vector adalah .CDR, .DRW, .DXF, .PICT.

Bitmap merupakan suatu kumpulan bit yang membentuk gambar serta digambarkan dengan lebar dan tinggi dalam piksel dan dalam piksel tersebut memiliki angka bit yang mempengaruhi resolusi dan depth. Resolusi berbanding lurus dengan ukuran file, semakin tinggi resolusi, semakin besar ukuran filenya. Tingkat ketajaman dan ketebalan warna bergantung pada banyaknya bit dalam 1 piksel. Beberapa format file bitmap antara lain .BMP, .GIF, dan .JPG.

Kelebihan dan kekurangan Vektor dan bitmap. Vektor dizoom berkali – kali gambar tidak akan pecah, jika bitmap, maka gambar akan pecah dan menampakkan piksel – pikselnya. Vector scalable sementara bitmap lebih cepat ditampilkan. Vector ukuran file lebih kecil sementara bitmap lebih besar. Jika vector pengolahannya kompleks dan bitmap pengolahannya lebih mudah (minimal).

 

Referensi :

http://dimasits.wordpress.com/2012/11/19/konsep-dasar-multimedia-citra-digital/

http://babibu.eamca.com/konsep-dasar-multimedia-audio-video/

http://cdm-gangster.blogspot.com/2012/11/konsep-dasar-multimedia-bab1.html

http://chievan.blogspot.com/2010/04/konsep-dasar-multimedia.html

http://daudxin.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-multimedia.html

http://fahmi180209.blogspot.com/2012/04/multimedia.html

http://goo.gl/JyDUw

http://kpratama20109008.blogspot.com/2011/09/pengertian-multimedia.html

http://mzarkasi.blogspot.com/2012/09/konsep-dasar-multimedia.html

http://parampaaland.wordpress.com/2012/10/06/rangkuman-konsep-dasar-multimedia-audio-video/

 

 

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Teknologi Informasi dan Multimedia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s