Aspek Bisnis di bidang Produksi & Design

Nama             : Very Apriyanto

NPM              : 22409517

Mata Kuliah  : Etika Profesi

Aspek Bisnis di bidang Produksi dan Design

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Bisnis Perubahan aspek bisnis, sistem perusahaan, dan pengembangan usaha dengan perkembangan TIK.
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
*ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis Perusahaan multinasional telah dapat mengkoordinasikan produksi dan marketing dengan sistem komunikasi berbasis satelit dengan kapabilitas video-conferencing, untuk tujuan mengkoordinasikan pengembangan produk dan desain manufaktur. Sistem pengguna dalam berbagai bidang (Pertambangan, Pertanian, Manufaktur, Pariwisata dan lain lain dapat meggunakan sistem yang hemat biaya, aman, otomastis terpadu serta bisa diandalkan.
E-commerce
Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini : eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal.
Kelebihan E-commerce:
ž Pertukaran informasi dilakukan dalam format digital .
ž Menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk pengiriman informasi.
ž Melalui jaringan komputer, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat.
ž Proses transaksi yang berlangsung secara cepat meningkatkan produktifitas perusahaan.
ž Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.
Aplikasi yang berhubungan dengan E-commerce:
ERP(Enterprise Resource Planning)
Definisi ERP adalah sistem yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur maupun jasa yang berfungsi untuk integrasi dan otomatisasi proses bisnis (operasi, produksi dan distribusi. Beberapa fungsi ERP:
ž solusi permasalahan informasi dalam organisasi
ž mengolah dan memanipulasi suatu transaksi di dalam organisasi
ž menyediakan fasilitas perencanaan, produksi dan pelayanan konsumen yang terintegrasi
ž mampu mengambil keputusan yang baik dengan parameter yang terukur secara kuantitatif ž mendukung proses operasional perusahaan atau organisasi. ERP sering disebut sebagai Back Office System yang mengindikasikan bahwa pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini. Berbeda dengan Front Office System yang langsung berurusan dengan pelanggan seperti e-Commerce, Customer Relationship Management (CRM), e-Government dan lain-lain.

Referensi : http://bunkslamet.wordpress.com/2011/05/18/aspek-bisnis-di-bidang-produksi-dan-design/

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s