RANGKAIAN LOGIKA BERUPA KOMPUTER DIGITAL

RANGKAIAN LOGIKA BERUPA KOMPUTER DIGITAL

komputer digital mengolah isyarat yang hanya mempunyai dua macam nilai tegangan biasanya adalah sekitar 0 volt ,dan yang lain sekitar 5 volt .isyarat digital àdikatakan bersifat binar ,oleh karena hanya mempunyai  dua macam nilai .kita dapat nyatakan isyarat dengan dua digit yaitu 0 dan 1 : digit 0 biasa di gunakan untuk menyatakan isyarat dengan nilai tegangan di sekitar 0 volt, sedang digit 1 biasa di gunakan untuk menyatakn isyarat  dengan tegangan di sekitar 5 volt.kedua digit ini membentuk angka binary atau bit .kata bit berasal dari dua kata binary digit.

Komputer Digital adalah :
Sebuah sistem digital yang melaksanakan bermacam-macam tugas komputasional. Dalam computer digital, manipulasi informasi biner dilakukan oleh rangkaian-rangkaian logika yang disebut gerbang-gerbang (gates).

Gates adalah :
Blok-blok piranti keras (hardware) yang menghasilkan sinyal-sinyal biner, 1 atau 0, jika persyaratan-persyaratan input logika dipenuhi. Hubungan input dan output dari variabel biner untuk setiap gerbang dapat disajikan dalam sebuah tabel yang disebut “tabel kebenaran” (truth table).

GERBANG AND
Menghasilkan And Logic Function, artinya outputnya memiliki nilai 1 jika input A dan input B keduanya merupakan bilangan biner 1. Dalam hal lain outputnya adalah 0.GERBANG OR
Menghasilkan fungsi inclusive OR, artinya outputnya adalah 1 jika salah satu atau kedua input A dan B bernilai 1. Dalam hal lain outputnya adalah 0.GERBANG INVERTER
Rangkaian inverter mengubah logika sensor sebuah sinyal biner. Rangkaian ini menghasilkan fungsi NOT atau komplemen.GERBANG NAND (NOT AND)
Fungsi NAND adalah logika komplemen dari AND.

GERBANG NOR (NOT OR)
Fungsi NOR adalah logika komplemen dari OR.GERBANG EXCLUSIVE OR (XOR)
Fungsi logika ganjil (odd function). Gerbang ini menghasilkan logika biner 1 apabila input A dan B dijumlahkan bernilai ganjil. Dalam hal lain outputnya adalah 0.GERBANG EXCLUSIVE NOR (XNOR)
Fungsi logika genap (even function). Gerbang ini menghasilkan logika biner 1 apabila input A dan B dijumlahkan bernilai genap. Dalam hal lain outputnya adalah 0.

Sumber : http://www.google.com

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s